Selasa, 01 November 2011

Pendidik Berkarakter

Allah tela mengajarkan kepada manusia pertama yaitu nabi adam nama benda-benda yang ada di alam semesta. prosesi pengajaran tersebut merupakan pembelajaran bagi kita untuk meniru bagaimana cara allah menciptakan sebuah sistem belajar mengajar.
marilah kita ikuti tahapan yang telah diajarkan oleh Allah dimana ending pointnya adalah mendidik manusia menjadi kalifah fil ardh (khalifah allah di bumi):
Pertama, berusahalah menjadi guru yang memegang sumpah dan janji kepada Allah dalam wal penciptaan manusia yaitu bersaksi bahwa allah adalah rabb manusia yang senantiasa mendidik manusia dengan Rahmat-Nya
Kedua, berusahalah menjadi guru yang selalui taat kepada allah sebagaimana tujuan diciptakan manusia adalah untuk menyyembah allah
Ketiga, berusahalah menjadi guru yang ikhlas dalam menyampaikan ilmu.
Keempat, berusahalah menjadi guru untuk bisa tampil sebagai teladan utama bagi para muridnya
Kelima, berusahalah menjadi guru yang baik bagi diri sendiri
singkatnya, seorang guru mampu mendidik jiwa dan raganya untuk melakukan kebaikan. karena tubuhnya diibaratkan sebuah sistem dimana Hati adalah guru, sedangkan anggota tubuh yang lainnya adalah muridnya, maka jika hati baik maka baiklah seluruh perbuatan anggota tubuh lainnya. tetapi jika hati buruk maka buruklah seluruh perbuatan anggota tubuh lainnya. oleh karena itu jadilah guru yang hatinya selalu baik, niscaya akan terlahir murid-murid yang hatinya baik. hati yang baik akan melahirkan perbuatan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar