Jumat, 06 Januari 2012

Shodaqoh

 


Nabi SAW adalah manusia yang paling dermawan. Banyak sekali kesaksian para sahabat dan orang-orang yang mengenal beliau tentang hal tersebut. Diantara kesaksian-kesaksian tersebut adalah ungkapan istri beliau, Khodijah radiallahuanha saat turun wahyu kepada beliau. “Tidak, demi Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakanmu selama-lamanya. Engkau adalah orang yang menyambung tali silaturahmi, membantu orang yang lemah lagi fakir, mencukupi orang yang kekurangan, memuliakan tamu dan membantu orang yang terkena musibah.” (HR. Bukhori)
 Pembantu beliau Anas r.a berkata, “Rosulullah SAW adalah manusia yang paling baik, paling pemberani dan paling dermawan.” (HR. Bukhori)

Paman beliau, ‘Abdulloh bin ‘Abbas r.a juga berkata, “Rosulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan dengan kebaikan. Beliau paling dermawan adalah di bulan Romadhon ketika beliau bertemu dengan Jibril. Jibril senantiasa menemui beliau di setiap malam Romadhon untuk mengajarkan Al-Quran kepada beliau. Ketika Rosulullah SAW bertemu dengan Jibril, maka beliau sangat dermawan untuk memberikan kebaikan, lebioh dermawan daripada angin yang berhembus.” (HR. Bukhori)Perkataan Jabir r.a, “Tidak pernah Rosulullah SAW dimintai sesuatu, lalu menjawab. ‘Tidak’. “ (HR. Muslim)
Semua perkataan dan perbuatan Nabi SAW menunjukkan kebenaran kesaksian-kesaksian diatas. Diantara bentuk amalan beliau adalah bahwasanya ada seseorang yang meminta kambing yang ada diantara dua gunung, maka beliau memberikannya. Lalu, orang tadi mendatangi kaumnya seraya berkata, “Wahai kaumku, masukah Islam. Demi Allah, Jika Muhammad memberikan sesuatu, maka ia tidak khawatir menjadi fakir”. (HR. Muslim)
Para sahabat beliau SAW pun juga mencontoh sunnah-sunnah beliau SAW dalam hal kedermawanan dan kemurahan hati, serta selalu berjalan sesuai dengan petunjuk beliau SAW.
Mereka mengeluarkan shodaqoh dan berinfak guna mengharap keridhoan Allah dan menolong agama-Nya, meniti jalannya kaum (yang mulia), meniti jejaknya dan berjalan mengikuti langkah-langkah mereka. Alangkah tingginya derajat mereka dan alangkah mulianya kedudukan mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar